Sabtu, 29 Januari 2011

Bahaya dan Tips Mengatasi Keylogger


Anda yang tidak punya koneksi internet sendiri di rumah. Lalu Anda sering berkunjung ke warnet untuk bowsing dimana komputer tersebut dipakai oleh banyak orang. Maka ada beberapa hal yang sangat penting yang harus diwapadai oleh kita. Bisa-bisa data penting Anda dicuri oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Lalu pertanyaannya adalah bagaimana hal itu (pencurian data) bisa terjadi??? Hal tersebut dapat terjadi karena adanya program keylogger. Sniffing, ataupun DNS. Dalam hal ini yang paling bertanggungjawab jika terjadi kasus semacam ini adalah si pemilik warnet yang memegang akses penuh pada komputer2 didalamnya. Untuk kasus Sniffing dan DNS akan dibahas di artikel lain pada kesempatan berikutnya. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas dan memberikan tips mencegah kejahatan program Keylogger saja.
System kerja Keylogger yaitu merekam semua setiap ketikkan yang Anda ketik melalui keyboard, kemudian disimpan dan terakhir dianalisis oleh pemilik keylogger. Akibatnya, login/password rahasia dan data penting lainnya dapat dicuri oleh sang pemilik keylogger. Berikut ini tips untuk mencegah hal itu terjadi : :)
  1. Untuk menangkal keylogger, Anda dapat menggunakan software pendeteksi keylogger (antikeylogger), misalnya Revealer Keylogger Free Edition. Aplikasi ini dapat di download melalui situs Http://www.logixoft.com/download.html . Aplikasi ini dapat Anda gunakan untuk mendeteksi keylogger secara umum. Akan tetapi, tidak menjamin bahwa dalam komputer Anda benar-benar terjamin bersih dari keylogger.
  2. Anda juga dapat mengantisipasi keylogger pada firefox dengan KeyScrambler. Add on Mozilla firefox ini berguna mengkripsi ketikkan yang dilakukan user. Jadi, tulisan asli yang kita ketikkan tidak akan tertangkap oleh keylogger. Artinya, add on ini dapat mengamankan kita dari pengelola warnet maupun administrator komputer yang beniat jahat. Silahkan download di https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/3383 , setelah diinstal kemudian restart firefoxnya.
  3. Cara yang terakhir adalah menggunakan On Screen Keyboard agar tidak terekam oleh keylogger. Di system operasi Windows sudah disediakan langsung perangkat on screen keyboard di start-program-accessories-accessibility-on screen keyboard atau menu run ketik osk kemudian enter. Anda bisa mengetikkan data sensitif melalui program ini. Untuk membuat huruf besar, tahan tombol Alt di keyboard lalu klik huruf di on screen keyboard.
Sekali lagi, waspadalah jika Anda browsing internet di warnet ataupun di komputer yang banyak digunakan orang

Daftar Pustaka : The Heacker By.Agus. ST.

Penulis
Nama : Imam Safi'i
NIM   : 1010 65 2023

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.