Senin, 31 Januari 2011

eScan Corporate Security v.10

Ekonomis untuk Kantoran

Bukan hanya boneka cantik yang berasal dari India. Paket keamanan lengkap untuk PC pun mereka punyai.

Dewasa ini, pasar paket keamanan komputer sangatlah ramai. Beragam merek dan jenis cakupan tersedia untuk dipilih konsumen. Mulai dari pemain-pemain lama sampai beberapa nama yang baru muncul.

Salah satu paket aplikasi keamanan paling veteran adalah eScan. Gaung namanya mungkin belum terlalu terdengar. Padahal, eScan telah dikembangkan dan dipasarkan oleh MicroWorld Technologies Inc. sejak 1993. Sudah cukup veteran, bukan? Antivirus ini bahkan hadir lebih dulu dibandingkan Kaspersky yang baru muncul empat warsa kemudian.

Selain itu, berdasarkan laporan AV Comparatives Februari 2010, eScan ternyata didapuk sebagai salah satu antivirus terbaik dan memperoleh nilai Advanced+. Pencapaian ini mungkin diraih berkat teknologi deteksi malware yang khusus dikembangkan MicroWorld, yakni MWL (MicroWorld WinSock Layer) yang bekerja pada lapisan soket Windows (WinSock).

eScan menawarkan beberapa pilihan paket keamanan sesuai segmen. eScan Antivirus dan Internet Security untuk end-user serta SMB/Corporate/Enterprise untuk pengguna kantoran. Masing-masing memiliki kelengkapan yang berbeda.

Versi yang kami uji kali ini adalah versi Corporate Security. Hampir semua fasilitas eScan terkandung di dalam versi ini, kecuali MailScan for Mail Servers. Aplikasi ini berfungsi memindai lalu lintas jaringan e-mail perusahaan guna mendeteksi spam/malware. Tapi, MailScan cuma ada di versi Enterprise.

Tidak ada masalah ketika kami melakukan instalasi. Setelah proses selesai, eScan otomatis melakukan pemindaian cepat terhadap isi komputer kita, meliputi memori, registry, dan services. Kemudian, karena versi ini diperuntukkan bagi segmen korporat, akan muncul tawaran untuk menjadikan PC kita sebagai server. Jika memilih ya, kita sekaligus bisa berperan sebagai administrator antivirus di jaringan kantor.

Pada layar utama eScan, tampil tujuh senjata keamanan utama eScan. Isinya sih tidak banyak berbeda dengan produk sejenis. Ada File Anti-Virus, Mail Anti-Virus, Anti-Spam, Web Protection, Firewall, Endpoint Security, dan Privacy Control. Ketujuh feature ini bukan sekadar melindungi PC dari serangan malware via internet, e-mail, dan flashdisk. eScan pun dapat melakukan pembatasan/filter akses web, mengawasi koneksi TCP/IP, dan melindungi informasi privasi setelah berselancar (history, cache, cookies, dan sebagainya).

Bagaimana dengan urusan kecepatan? Ketika dicoba memindai sebuah iPod berisi data 2,88 GB, eScan membutuhkan durasi 1 menit 10 detik. Padahal, saat dipindai memakai AntiVirus InfoKomputer (AVI), catatan waktunya 38 detik saja. Uji lain dilakukan pada partisi hard disk di PC berukuran 14 GB. eScan dapat memindainya selama 6 menit 17 detik, sementara AVI perlu 5 menit 27 detik. Sekadar catatan, kami menjalankan pengujian di PC berspesifikasi rendah (Windowx XP, Pentium D 2,8 GHz, RAM 448 MB).

Kesimpulan: Dari segi teknologi dan feature, eScan Corporate Security v.10 memiliki kelengkapan setara dengan paket keamanan PC lainnya. Karena itu, software ini cocok untuk dipakai pengguna kantoran karena harganya lebih ekonomis, asalkan membeli lebih dari 10 paket. Sayang, kecepatan kinerjanya saat melakukan pemindaian kurang begitu memuaskan.
Tangkal Malware dan Spam
Malware dan spam sering menyelusup ke PC lewat perantara e-mail. Itulah pentingnya kemampuan Mail Anti-Virus dan Anti-Spam pada eScan. Feature ini akan memindai seluruh e-mail yang dikirimkan kepada kita, sebelum sampai ke dalam kotak masuk e-mail client. Dengan teknologi NILP (Non Intrusive Learning Pattern), eScan secara cerdas membedakan antara surat penting dan surat berisi malware, spam, dan phishing.


Monitor Koneksi TCP/IP
eScan versi Corporate memberi utilitas pengawasan jaringan lewat aplikasi ViewTCP. Di sini, ditampilkan aktivitas koneksi TCP/IP yang sedang aktif dari komputer. Informasi yang ditampilkan meliputi jenis protokol (TCP/UDP), local address, remote address, dan status koneksi. Manfaatnya, kita bisa mengetahui bila ada koneksi yang tidak jelas dan dicurigai sebagai jalur keluar masuk spam, worm, dan spyware.

Blokir Akses
Bukan cuma Menkominfo yang bisa memblokir situs-situs terlarang. eScan juga memiliki fasilitas Web Protection. Di sini, kita dapat mengatur pembatasan akses web oleh pengguna komputer. Cara paling mudah, buatlah whitelist dan blacklist yang berisi daftar situs dan kata-kata kunci yang boleh atau tidak boleh dibuka. Tapi, fleksibilitas tetap dijaga oleh eScan dengan memberi pilihan level keleluasaan.

Plus : Feature keamanan tergolong lengkap, terdapat fasilitas monitor koneksi TCP/IP, tersedia dalam berbagai versi, harga relatif lebih murah dibandingkan kompetitor

Minus : Kinerja pemindaian agak lamban, belum dilengkapi fasilitas backup

Spesifikasi eScan Corporate Security v.10

Harga

Tergantung jumlah pengguna (1 - 2500) dan lama lisensi (1 - 3 tahun).
Ilustrasi: US$662,40 untuk 20 pengguna dan lisensi 1 tahun

Pengembang

MicroWorld Technologies Inc.

Situs Web

http://www.escanav.com

Sistem Operasi

Windows, Linux, Mac


daftar pustaka :http://www.infokomputer.com/software/escan-corporate-security-v-10

Kategori : INTRANET

Nama : Radina Sanny Fikasiami
Nim : 1010651103
Kelas :Ti.C
























Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.