Minggu, 30 Januari 2011

Laptop Masa Depan


Seprti yang kita ketahui, bahwa perkembangan teknologi komputer lambat laun semakin pesat. Pada zaman dulu komputer PC dengan tipe processor Intel 80286 sudah terasa sangat canggih. Namun jika dibandingkan dengan masa sekarang, kemungkina besar tipe seperti itu sudah sangat tidak berharga lagi bagi kita. Apalagi jaman sekarang, teknologi semakin canggih. Seperti yang kita ketahui bahwa komputer yang dulunya berukuran sangat besar, saat ini dibuat semakin kecil. Mungkin diantara kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Laptop ataupun Notebook. Dengan kuran nya yang mini dan dapat di bawa kemana saja membuat benda yang satu ini banyak diminati orang-orang saat ini. Dan tipe, ukuran, bentuk maupun modelnya sudah beraneka ragam. Itu yang menyebabkan para ilmuan ingin menambah kecanggihan komputer agar tidak kalah saing dan mempermudah masyarakan dalam menggunakannya.

Beberapa designer dan ilmuan dibidang IT sedang merancang konsep bentuk laptop dimasa depan, begitu juga sistem penggunaan dan cara pengisian bateray. Seperti halnnya konsep design mobil yang selalu berkembang di teknologi outomotif. “Konsep Design produk memungkinkan kita untuk berimajinasi dan mempertanyakan terus, gaimana supaya.....? Bersiaplah untuk melihat revolusi dari design notebook, dan laptop masa depan.

Perubahan ini memang membutuhkan pemikiran dalam pengembangan teknologi yang bisa dipakai dalam mewujudkan suatu design baru. Dapat dperkirakan dalam kurun waktu sekitar 15 tahun, perkembangan teknologi komputer sudah tidak dapat dibendung lagi. Semakin hari ukurannya semakin kecil dan semakin unik, dan fungsinya pun semakin praktis.

Berikut ini adalah desain-desain laptop masa depan yang semakin praktis dan semakin canggih. Di antaranya:


Yang satu ini adalah jenis laptop yang sangat unik dan praktis. Dalam dunia teknologi gatged semakin maju terutama laptop. Ada banyak desain keren dan unik yang ditawarkan untuklaptop masa depan, tapi ada satu konseplaptop masa depan yang benar- benar luar biasa dan sebuah konsep unik dirancang oleh Hao Hua yaitu digital roll laptop (laptop model roll). Digital Roll Laptop bisa di bilang sebagai “desain laptop generasi berikutnya,”

Meskipun hanya sebuah konsep, tapi desain adalah inspirasi, dan yang pastinya akan memikat mata desainer lain yang ingin membuat laptop lebih canggih, unik dan praktis. Jika konsep laptop masa depan digital roll ini di tanggapi baik oleh pasar teknologi, tidak menutup kemungkinan dalam waktu dekat akan di produksi, kita tunggu aja.

Ini ada sebuah vidio demo tentang digital roll laptop.




Laptop Lipat


Adapun jenis laptop seperti yag satu ini, zaman skarang banyak orang menyukai laptop yang mungil, namun masalahnya, semakin kecil ukuran laptop maka keyboard yang disertakan pun berukuran kecil dan kurang nyaman untuk orang dewasa.

Sebuah ide desain laptop masa depan baru-baru ini muncul melalui situs yankodesign. Dalam konsep laptop masa depan yang dirancang oleh Yang Yongchang ini tetap mengusung layar ukuran kecil (6.5 inch) namun dilengkapi dengan keyboard besar model fold out (lipat).

Ide keyboard model lipat ini cukup masuk akal. Produsen asesoris Targus sebelumnya telah memproduksi dan menjual keyboard model ini.

Diantara beberapa contoh laptop masa depan di atas, masih bnyak contoh laptop-laptop yang tifdak kalah unik dan menarik.Sudah banyak perubahan yang terjadi sejak pertama kali laptop diluncurkan, seperti prosesor gigahertz, layar warna, optical drive juga wireless. Tetapi bentuk standar laptop sama sekali tidak menunjukan perubahan yang berarti. Sekarang, Saat perubahan itu akan segera tiba, aturan baku dari desain notebook dan komponen dalamnya sedang di tulis ulang. Sekitar sekarang dan tahun 2015 nanti, kita akan melihat beberapa perubahan besar yang akan mendedinisi ulang.

Di antara laptop-laptop seperti yang kita bicarakan di atas, di antaranya sebagai berikut.


1. The Compenion concept notebook
Laptop ini didesain oleh Felix Schmidberger, laptop ini sengaja di desain untuk menghindari bentuk standar seperti sekerang digantikan dengan panel leds organik super terang yang dapat di slide berdampingan, membuat notebook ini hanya setebal 3 inci saja.

2. The Canova concept notebook
laptop yang satu ini merupakan laptop yang cocok untuk digunakan para pembaca, karena dari fitur desain V12 dengan dua buah tampilan layar sentuh. Laptop ini dapat di orientasikan sebagai laptop tradisional untuk mengetik atau menulis, Anda juga dapat mengubahnya sedemikian rupa sehingga tampak sebagai e-reader.

3. The Siafu concept notebook

laptop yang sangat unik ini merupakan hasil desain Jonathan Lucas. Gambar dari aplikasi dan situs diubah dalam bentuk 3D pada permukaan Siafu.



4. The Cario concept notebook
adapun laptop yang di desain cocok untuk para pengendara mobil, laptop ini di desain oleh Anna Lopez, salah satu keunikan lsptop ini adalah dapat dibawa kemana-mana dan diselipkan diantara setir mobil Anda.

5. The Solar Laptop Concept

Laptop hasil desain Nikola Knezevic sangat unik sekali, ia memiliki potongan engsel lebih yang dilapisi sel surya untuk mendapatkan tenaga matahari. Jadi, kita tidak perlu lagi repot – repot menggunakan listrik sebagai energi untuk menyalakan laptop anda, cukup menggunakan energi dari sinar matahari laptop-un dapat digunakan

Berikut adalah jenis-jenis laptop dan notebook, yang di rancang sesuai dengan nama dan bentuknya.

1. Design 4 layar.


Jenis notebook yang satu ini memiliki lebih dari dua layar display, tiap layar akan membuat pemakaian komputer lebih menyenangkan dan efisien. itulah salah satu ide dari “Tangen Bay Laptop“, diciptakan oleh Veeramoney’s Notebook Prototype Group dari Intel.

Notebook ini memilik layar utama sebesar 15.6 inc dengan 3 layar tambahan 3,5 inc dengan kemampuan OLED touch screen, yang biasanya digunakan pada handphone.

Layar tambahan diletakan diatas keyboard, untuk melakukan beberapa tugas tertentu, sehingga layar utama akan bersih dari segala tombol dan menu. Monitor tambahan bisa digunakan untuk memonitor email dan web favorit, sehingga bisa dikatakan sebagai konsep multitasking ekstrim.

2. Design Transformer

Laptop ini merupakan design laptop dari Kyle Cherry’s Prime, laptop ini di rancang untuk pengguna game dengan tiga layar besar, yang bisa dilipat menjadi kecil dan mudah untuk dipindahkan atau traveling.Design Prime menggunakan enam buah sayap alumunium, tiga digunakan untuk layar display, satu untuk keyboard dan dua bagian untuk menyimpan peralatan elektoniknya. Layar dari laptop ini sangat unik, bisa di perbesar dan di perkecil sesuai yang di inginkan. Jika membutuhkan display layar besar, layar laptop dapat dibuka menjadi selebar 22 inc atau hanya

menggunakan layar utama sebesar 15 inc. Bila diperlukakn juga bisa diubah menjadi panel layar sentuh raksasa.Prime akan dirancang dengan kemampuan processor dan kartu grafis yang terbaik, sayap alumunium yang digunakan berfungsi juga sebagai pendingin hardware nantinya. Walaupun belum ada pabrikan laptop yang tertarik dengan design ini, prime bisa dibuat dengan teknologi yang sudah ada sekarang ini. Bahan alumunium yang digunakan diperkirakan menjadikan berat laptop berkisar 2,26 kg dan harga jual nya diperkirakan $3000 .

3. Design Origami

Laptop yang satu ini merupakan laptop yang mempunyai bentuk dan model yang sangat unik. Laptop ini dibuat untuk Asus Airo Origami. Bentuknya yang masih menyerupai laptop konvensional, perubahan terdapat pada bentuk laptop yang mirip seni kertas origami.Ada empat bagian yang akan bergeser dan terbuka ketika laptop dibuka, ada tempat yang lebih luas untuk meletakan tangan, posisi keyboard akan sedikit naik keatas, layar dapat dibuka seperti laptop konvensional atau dibuka lurus dengan meja seperti komputer tablet. Jadi memudahkan para pengguna untuk memakainya.

ini vidio tentang komputer masa depan


Daftar Pustaka:

http://www.mascipul.com/2011/01/inilah-12-design-laptop-masa-depan.html

http://babesajabu.wordpress.com/2009/11/13/desain-laptop-masa-depan/

http://capedeh.com/digital-roll-laptop-konsep-laptop-masa-depan/laptop/

http://zonaponsel.com/news/laptop-masa-depan-usung-keyboard-lipat.html

http://buletin.melsa.net.id/apr/1306/laptop.html

NAMA : HAYFI WASITH ADALAH

NIM : 1010651138

KELAS : TI - C




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.