Jumat, 28 Januari 2011

PC Tools Internet Security 2011

Pengembangan lebih lanjut produk ini telah menghadirkan sistem proteksi yang lebih lengkap dengan tetap menghadirkan kemudahan pakai.

Mungkin di antara Anda ada yang berkesempatan mengenal PC Tools di tahun 1990-an. Kala itu, PC Tools merupakan utilitas populer untuk mengotak-atik komputer.

Setelah dibeli Symantec, portofolio PC Tools diperluas, mulai Registry Mechanic hingga antivirus. Nah, pada segmen antivirus ini, PC Tools menyediakan perlindungan menyeluruh yang disebut paket PC Tools Internet Security (PIS) 2011.

Seperti halnya solusi internet security lainnya, PIS 2011 merupakan penyempurnaan dari versi 2010 dengan perbaikan di sana-sini. Pada versi ini, kinerja hampir semua modul proteksi mulai dari anti- virus/spyware, monitoring, hingga scanner ditingkatkan agar lebih tangguh menjaga sistem komputer dari serangan luar, terutama yang kerap datang dari Internet.

Salah satu pembaruan yang amat berguna adalah feature Download Guard yang akan memeriksa hasil unduhan berdasarkan referensi dari jejaring berbasis awan (cloud based network). Konsep macam ini dulunya diterapkan pada sistem torrent yang bisa dipercaya.

Dibandingkan versi sebelumnya, PIS 2011 juga mengalami peningkatan pada beberapa modul yang dianggap penting. Salah satunya adalah sistem pemindaian yang lebih teliti dan cerdas. Pengembangan ini didasarkan pada masukan yang diterima server PC Tools, juga penerapan sistem penjejakan ala jaring laba-laba yang dianalogikan seperti memasang perangkap/detektor secara tersebar. Cara ini membuat PIS 2011 lebih cepat bereaksi dalam mendeteksi dan menghajar setiap ancaman yang dicurigai.

Bagian lain yang cukup menarik adalah State Awareness Mode yang akan mempelajari kondisi sistem komputer yang tengah aktif agar PIS 2011 terkesan tak mengganggu. Maksudnya, pada saat tampilan layar menjadi penuh untuk bermain game atau menonton film, proses menjaga sistem akan lebih kalem di background agar PIS 2011 tak memberatkan aktivitas PC. PIS 2011 pun akan menunda aktivitas agresifnya jika mendeteksi baterai laptop dalam kondisi kehabisan daya sampai listrik tersalurkan lagi ke adaptor.

Dari segi antarmuka, PIS 2011 terkesan sederhana. Halaman utama yang menampilkan empat modul terpenting (Scan NowAnti-SpamIntelliGuardFirewall) membuat pemakai tak perlu pusing. Master installer PIS 2011 juga tergolong ringan jika dibandingkan paket keamanan internet lainnya sehingga tidak terlalu boros sumber daya.

Walaupun begitu, ada beberapa bagian yang perlu kami kritik. Misalnya, kotak pop-up yang terlalu sering muncul jika kita mengubah setelan perizinan firewall. Sesi update basis data virus (Smart Updates) yang dilakukan secara diam-diam mungkin juga dianggap praktis. Namun, bagi mereka yang tak selalu online cara ini malah menyulitkan proses update secara manual (offline).

Kesimpulan: Secara keseluruhan, PIS 2011 terbilang sukses mempersembahkan antivirus yang “ramah” lewat antarmuka yang terkesan sederhana, dengan feature yang tetap lengkap.


Pengaman Berlapis
Bagian modul pengamanan (guard) memproteksi bagian-bagian vital di sistem terhadap virus, spyware, worm, trojan, dan ancaman lain, termasuk yang terbaru sekalipun.







Hasil Pemindaian
Saat proses pindai selesai, program akan menampilkan laporan setiap ancaman secara lengkap termasuk level ancaman. PIS 2011 juga membolehkan Anda menyiapkan
backup sebelum menghapus semua ancaman tersebut.






Selalu Berhati-hati
Setiap kali ada aplikasi yang akan melakukan akses yang perlu diotorisasi, peringatan akan dimunculkan. Meski terkesan mengganggu, proses ini kerap menjaga sistem Anda dari bahaya yang sering bersembunyi di balik sebuah program yang terlihat “bersih”.





Plus : Antarmuka mudah; proteksi lengkap; kemampuan deteksi cepat

Minus : Banyak pop-up pada setelan firewall kritis; update harus dilakukan online

Spesifikasi PC Tools Internet Security 2011

Lisensi

Rp 319.000 (1 user/tahun)

Pengembang

PC Tools Technology

Situs Web

http://www.pctools.com

Sistem Operasi

Windows XP/Vista/7

Cara Pengaturan :


DAFTAR PUSTAKA : http://www.infokomputer.com/software/pc-tools-internet-security-2011


CATEGORY : INTERNET
NAMA : STEVANUS AGUSTINUS LK
NIM :1010651101
KELAS :TI C

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.