Minggu, 06 Februari 2011

HARDWARE UNTUK OPTIMALKAN SOUND PONSEL

Banyak cara membuat sound ponsel menjadi optimal. Beberapa kreasi menghasilkan output yang menarik. Selain dukungan vendor yang menyediakan hardware eksternal sound untuk ponsel

Jika mau mengoptimalkan sound di ponsel tentu tidak sebatas melakukan instalasi software. Nyatanya diperlukan perangkat keras alias hardware yang juga punya peran dominan bagi peningkatkan kualitas suara, terutama pancaran pada nada dan melodi. Sehingga bisa jadi kualitas suara yang dipancarkan sebuah ponsel atau PDA (personal digital assistant) memiliki kesetaraan dengan kualitas dan volume melodi dari perangkat yang memang dirancang khusus untuk mendengarkan melodi, contoh nya compo stereo.
Format terus mengalami evolusi, ketika jaman nada dering monofonik tentu tidak terpikir buat vendor atau perorangan untuk meng create melodi dengan pancaran yang memadai. Tapi lain halnya ketika format melodi sudah berkembang menjadi bentuk polifonik dengan beragam format yang sudah kita kenal saat ini. Sebut saja perkembangan jumlah cord polifonik, format MIDI (musical instrument digital interface), WAV (windows audio volume) hingga yang lagi tren saat ini format MP3.


Ditambah pula kini FM radio sudah menjadi bagian kelengkapan favorit ponsel-ponsel yang hadir di tengah-tengah kita. Itu semua menjadikan hardware sound menjadi sesuatu yang menarik untuk

dibahas. Alih kata memberdayakan ponsel menjadi multi fungsi.Berikut beberapa perangkat dan aplikasi yang berguna untuk memberdayakan melodi pada ponsel. Tentu belum semua ponsel dapat di kreasikan, sebab terdapat keterbatasan dari platform teknologi yang diusung oleh masing-masing vendor.

Nada Dering Sebagai ‘Klakson’ Mobil

Klakson pada mobil bisa menjadi sesuatu yang menarik, tidak lagi menajdi monoton dengan suara ‘tin….tin….’ yang itu-itu saja. Berkat kombinasi antara kecanggihan PDA dan amplifier fungsi klakson (horn) bisa menjadi benar-benar menarik. Rony Djojomartono, koresponden SELULAR di Amerika Serikat pernah mencoba hal ini. Dengan berbekal PDA merek Dell Axim X5 400 Mhz plus tambahan perangkat amplifier, kabel audio dan speaker memnjadikan mobil kesayangan dapat mengeluarkan suara-suara (sound) yang terdapat di dalam format memori PDA.

Jika sudah demikian bisa dibayangkan akan terjadi cerita lucu. Klakson mobil bisa mengeluarkan suara binatang seperti burung, kuda, harimau, jangkrik dan lain sebagai nya. Pernah suatu kali ketika mobil berhenti di lampu pengatur lalu lintas, dimana kondisi jalan sedang padat oleh motor-motor. Saat klakson dibunyikan terdengar suara harimau, secara reflek hampir semua pengendara motor di seliling panik, dikira terdapat harimau lepas. Maklum pancaran suara terdengar cukup keras, dan speaker ditempatkan tersembunyi didalam kap. Begitu pun saat suara burung diaktifkan, sontak orang disekeliling langsung menengadah keatas langit.

Amlifier memakai jenis TOA tipe CA series model CA-130 dengan daya 30 watt. Arus energi 12 volt DC berasal dari Accu mobil. Jenis amplifier ini sangat pas untuk pemsangan di bus, mobil patroli dan juga sering dipakai oleh tukang-tukang roti. Sedang format untuk lagu bisa jenis apa saja yang terdapat di dalam PDA tersebut. Walau terbilang menarik ide ini lumayan banyak menuai kritik, sebab dapat membahayakan jika digunakan pada saat yang tidak tepat. Kabar nya format klakson seperti ini mendapat larangan dari komisi keselamatan transportasi di AS.



Perlu dipahami sebenarnya suara yang keluar bukan dari klakson mobil, melainkan speaker yang terpisah dari perangkat klakson Namun speaker memerankan fungsi ibarat klakson. Coba bayangkan jika yang muncul suara erangan wanita, dapat dipastikan jalanan kian macet.



"Selamat Mencoba" 

Daftar Pustaka      :    
Kategori               : Hardware





NAMA : QORI'AH NUR UMAMI


NIM : 1000631025


KELAS : MI.A

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.