Minggu, 06 Februari 2011

MOBIL TERBANG

Terrafugia Transition, mobil yang juga punya kemampuan untuk terbang, sedang dirancang ulang setelah tahun lalu mengudara untuk pertama kalinya.

Perubahan itu melingkupi beberapa bagian seperti perubahan pada moncongnya dan ekornya yang sebelumnya tunggal kini diganti ekor ganda. Seperti yang dikutip The Telegraph, 'Mobil terbang' itu juga kini kehilangan sebagian bobotnya. Dengan bobot sebelumnya 550lb, Terrafugia kini lebih ringan 90lb menjadi 460lb.

Artinya, dengan tangki bahan bakar penuh (120lb), mobil terbang itu hanya bisa menahan beban sekira 330lb termasuk pilot, penumpang, dan muatan lain. Menurut Terrafugia semua perubahan desain itu berakar dari pembelajaran selama uji coba yang dilakukan pada 2009.Mobil terbang itu telah diakui sebagai pesawat untuk 'olah raga ringan' oleh otoritas penerbangan federal Amerika Serikat pada Juni (Federal Aviation Administration ), dan memiliki parasut.

Desain ulang itu juga dilakukan agar mobil terbang itu bisa memenuhi persyaratan kendaraan jalan raya di AS yakni adanya "crumple zone" yang menyerap energi benturan serta kabin kokoh. Hebatnya lagi, Terrafugia bisa melipat sayapnya ketika melaju di daratan, serta mudah untuk diparkir di garasi biasa atau ketika pengemudi memutuskan untuk mengambil jalan darat ketika cuaca sedang buruk untuk terbang

Transition Roadable Aircraft dilengkapi sayap yang dapat melipat secara otomatis dalam waktu 30 detik, mirip dengan waktu yang dibutuhkan untuk membuka dan menutup atap mobil convertible.
Ketika sayap ini ditekuk, maka mobil akan berjalan normal layaknya kendaraan roda empat lain dan tetap muat jika diparkir di sebuah garasi mobil normal.
“Semua itu guna menjadikan kendaraan tersebut cukup fleksibel untuk terbang ke berbagai tempat,” tutur Terrafugia.

Bila tertarik, ia mengatakan mobil terbang ini dapat dipesan sekarang dengan membayar uang muka sebesar 10.000 USD (sekira Rp94 juta). Namun belum disebutkan berapa harga pasti mobil terbang ini.
Banyak yg bertanya kapan mobil ini masuk indonesia.., kalaupun masuk.., artinya para polantas jg harus siap untuk bagian udara.., tp kalau bagian polantas g mampu beli.., semriwing aja dh.., balapan di udara.


narasumber : duniakita.com
                    terbaru2011.com



nama : Bayu dwi cahyono
jurusan : M.I (a)
nim     : 1000631024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.