Jumat, 04 Februari 2011

PERANGKAT LUNAK KOMPUTER

Pengertian Software 
            ilmu komputer selalu mengandaikan kondisi ideal dan sederhana. ... Kuliah Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering) biasanya ..

            Artikel ini membahas mengenai pengertian software. Bagi yang sering online atau menggunakan komputer pasti sering dengerin yang namanya software, apalagi yang sering nyari freeware di warnit atau download software gratisan di internet.
             Istilah software atau yang disebut juga perangkat lunak adalah sekumpulan perintah yang dijalankan (atau dieksekusi) oleh komputer.  Program komputer ini terdiri dari susunan logika untuk menjalankan suatu pekerjaan tertentu di komputer. Perangkat lunak ini melibatkan berbagai komponen dalam komputer, seperti sistem operasi, program, dan data yang disimpan atau dibaca. Logika yang ada dalam perangkat lunak tersebut disusun sedemikian rupa sehingga komputer dapat memahami dan menjalankan instruksi yang terkandung di dalamnya.

           Istilah ini menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras komputer. ... Artikel bertopik perangkat lunak ini adalah sebuah rintisan. ...

           ka kita mencari literatur tentang pengertian perangkat lunak komputer, maka akan ditemukan beberapa uraian definisi, yang kesemuanya sebenarnya mengacu pada artian yang sama. Berikut beberapa definisi tersebut.
  • Perangkat lunak adalah istilah bagi data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk di dalamnya Proggram komputer, dokumentasi, serta berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis dengan komputer.
  • Perangkat lunak adalah bagian dari sistem komputer yang tidak berwujud. Istilah ini sebagai pembeda dari perangkat keras komputer.
  • Perangkat lunak merupakan kumpulan perintah yang dieksekusi oleh komputer ketika menjalankan pekerjaannya.
  • Perangkat lunak Merupakan datael ektronik yang disimpan oleh komputer, data ini bisa berupa program atau instruksi yang akan dijalankan, atau catatan yang dibutuhkan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang dilaksakannya.

          Pada era 1950-1960an, bentuk perangkat lunak adalah sambungan-sambungan kabel antar bagian di dalam mesin komputer. Penggunaan komputer pada saat itu dibuat hanya untuk satu tujuan tertentu saja, dengan sebuah program untuk satu mesin komputer. Pada masa itu, perangkat lunak merupakan satu kesatuan dengan komputer.
Sekitar 1970an, komputer sudah meluas ke kalangan industri. Kemudian pengembang perangkat lunak bermunculan, dan sebuah software dapat menjalankan beberapa fungsi. Sejak masa itulah perangkat lunak mulai menjadi sebuah produk.
Baris perintah program komputer yang di jalankan tidak lagi satu-satu, tapi banyak proses dan dilakukan bersamaan (multi tasking) dan multi user. Hingga kemudian mulai diciptakan sitem basis data, yang memisahkan program (pemroses) dengan data (yang di proses).
Pada 1980-1990, komputer dibuat untuk memenuhi kebutuhan perorangan. Perangkat lunak dibagi menjadi sistem operasi, untuk internal komputer, dan program aplikasi, untuk digunakan secara langsung oleh penggunanya. Dengan otomatisasi yang mulai digunakan mengarah kepada kecerdasan buatan.
Pada 1990-2000an, perangkat lunak sudah digunakan secara massif. Diaplikasikan tidak hanya pada komputer, tetapi juga peralatan rumah tangga seperti televisi, telepon, air conditioner, microwave.
Bahkan, semua peralatan yang berperangkat lunak itu kelak akan dapat saling terhubung. Hal ini mengakibatkan  perangkat lunak melibatkan multi disiplin dari berbagai bidang. Tingkat kecerdasan perangkat lunak pun semakin tinggi.

Klasifikasi Perangkat Lunak

Perangkat lunak dapat dibagi menjadi dua klasifikasi, yaitu perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi.

a. Perangkat lunak sistem terbagi menjadi tiga jenis, yaitu Bahasa pemrograman (seperti BASIC, COBOL, Pascal, C++ dll.), Sistem Operasi (Seperti Windows, Apple’s System, lunax) dan Utility (misalnya Norton Utility)

b. Perangkat lunak applikasi, adalah program komputer yang sering dijumpai dan digunakan oleh pengguna komputer.

           Misalnya untuk keperluan mengetik, olah data, presentasi dan lainnya. Contohnya Microsoft Office dan Open Office. Untuk keperluan hiburan seperti program games, atau untuk multimedia seperti pemutar musik dan video, contohnya Winampe dan RealPlayer.
Terdapat pula aplikasi internet yang sering kita gunakan, misalnya untuk browsing, email, chatting dan lainnya. Ada pula program yang bersifat khusus, seperti untuk pekerjaan Engineer seperti perangkat lunak Matlab, guna memproses dan visualisasi persamaan matematis), dan program AutoCAD, untuk gambar struktur.

NAMA        : JALALUDDIN
NIM            : 1010651031
KLs             : A

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.