Minggu, 06 Februari 2011

UEFI PENGGANTI SISTEM BIOS

            EFI (Extensible Firmaware Interface) merupakan sebuah perangkat lunak sebagai antarmuka antara sistem operasi dengan firware platform. EFI ini merupakan pengganti sistem BIOS yang telah lama digunakan pada komputer IBM PC kompatibel. Spesifikasi EFI awalnya dikembangkan oleh Intel dan telah dikelola pada tanggal 25 Juli 2005 oleh Unified EFI Forum sebagai Unified Extensible Firmware Interface (UEFI).
           Sebuah motivasi yang melatarbelakangi pengembangan UEFI ini datang selama perkembangan awal Intel-HP Itanium pada pertengahan 1990. Keterbatasan pada sistem BIOS dipandang sebagai hal yang tidak dapat diterima untuk platform server Itanium yang lebih besar. Upaya untuk mengatasi masalah ini pada awalnya disebut Intel Boot Inisiatif dan kemudian berganti nama menjadi EFI.
          UEFI sebagai pengganti teknologi BIOS. Era BIOS akan segera berakhir dan berganti teknologi terbaru UEFI. Teknologi ini bisa mereduksi waktu start-up, sehingga komputer bisa menyalakan dalam hitungan detik.
          Produsen teknologi BIOS kini membuat perangkat lunak start-up baru yang dikenal dengan nama Unified Extensible Firmware Interface (UEFI). Hasilnya generasi terbaru dari komputer rumahan ini akan mampu menyalakan sistem komputer dalam hitungan detik.
          Seperti diketahui, teknologi tradisional BIOS yang telah digunakan untuk boot komputer sejak tahun 1979, tidak pernah dirancang untuk bertahan selama itu. Itulah salah satu alasan komputer modern membutuhkan waktu begitu lama untuk dijalankan. Sebaliknya, UEFI telah dibangun untuk memenuhi kebutuhan komputasi modern, dan segera akan menjadi teknologi unggulan di komputer baru, yang memungkinkan mereka untuk pergi dari “off” ke “on” dalam hitungan detik.
“Pada saat ini, teknologi BIOS melakukan booting mencapai 25 – untuk 30 detik waktu boot sebelum Anda melihat bit pertama OS sign-on,” Mark Doran, kepala dari Forum UEFI, seperti dikutip Telegraph, Selasa (5/10/2010).
“Dengan UEFI, kita mendapatkan itu ke beberapa detik. Ini tidak cukup instant-on, tetapi sudah jauh lebih baik daripada BIOS yang konvensional,” tambahnya.

Berikut ini adalah beberapa tampilan setup dari UEFI :















Dibawah ini adalah link video yang membandingkan antara UEFI vs BIOS :

http://www.youtube.com/watch?v=CigNo06GZSs

Nama : Wildan EKa Aristyawan
NIM : 1010651169
Kelas : TI - D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.