Sabtu, 05 Februari 2011

SOFTWARE

Arti istilah software dianggap berkaitan erat dengan pengertian berikut :
Disebut juga dengan perangkat lunak, merupakan kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya. perangkat lunak ini merupakan catatan bagi mesin komputer untuk menyimpan perintah, maupun dokumen serta arsip lainnya.
Merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri, data yang disimpan ini dapat berupa program atau instruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang dijalankannya.
Untuk mencapai keinginannya tersebut dirancanglah suatu susunan logika, logika yang disusun ini diolah melalui perangkat lunak, yang disebut juga dengan program beserta data-data yang diolahnya. Pengelolahan pada software ini melibatkan beberapa hal, diantaranya adalah sistem operasi, program, dan data. Software ini mengatur sedemikian rupa sehingga logika yang ada dapat dimengerti oleh mesin komputer.

  1. SISTEM PERANGKAR LUNAK

  • Sistem operasi
Sistem operasi merupakan software yang berfungsi untuk mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang kepada komputer sehingga masing masing dapat berkomunikasih . tanpa adanya sistem operasi, komputer tak dapat difungsikan sama sekali. Ketika komputer dinyalakan pertama kali, sistem operasilah yang pertama kali diletakkan kepada memori, mengelola intruksi, kemudian memungkinkan software amplikasih lainya bekerja. Sistem operasi juga dapat melindungi data terhadap kemungkinan diakses oleh pengguna lain. Contohnya antara lain DOS, unix, windows, IMB OS/2 dan apple’s system 7.
  • Program utility (alat bantu)
Program utility berfungsi untuk membantu atau mengisi kekurangan atau kelemahan dari sistem operasi, misalnya pemeriksaan perangkat keras(hardware troubleshooting). Memeriksa disket yang rusak (bukan kerusakan fisik), serta mengatur ulang isi hard disk (partisi, defrag). Contoh program utility, antara lain Norton utility, scandisk dan pc tools. Pc tools dapat melakukan perintah format sebagaimana dos, tetapi pc tools mampu memberikan keterangan dan animasi yang bagus dalam proses performatan, file yang telah di hapus oleh dos tidak dapat dikembalikan lagi, tetapi dengan program utility hal ini dapat dilakukan.
  • Bahasa Pemrogaman
Adalah kosa kata dan aturanyang diberikan pada komputer untuk melaksanakan tugas tertentu. Perangkat lunak ini bertugas mengubah arsitektur dan algoritma yang dirancang manusia kedalam format yang dapat dijalankan komputer. Contohnya adalah BASIC, COBOL, Pascal, C++, FORTRAN dan ada. Bahasa pemograman ini biasanya dibagi menjadi 3 bagian:
  1. Low level language merupakan bahasa pemograman generasi pertama. Bahasa ini sering disebut kode atau bahasa mesin. Kode ini terdiri atas sekumpulan angka yang diawali oleh angka 1(satu) dan 0 yang tersusun sedemikian rupa membentuk sinyal elektronik dan bertugas memberitahu apa yang harus dikerjakan komputer. Bahasa pemograman jenis ini sangat sulit dimengerti karena intruksinya menggunakan bahasa mesin dan umumnya hanya dimengerti oleh pembuatnya saja.
  2. Middle level language, merupakan bahasa pemograman tingkat menengah yang penggunaanya intruksinya telah mendekati bahasa sehari-hari. Bahasa ini mirip dengan bahasa mesin, tetapi lebih memudahkan programmer untuk membuat program menggunakan huruf sebagai pengganti angka. Meskipun demikian bahasa ini sangat sulit dimengerti karena banyak menggunakan singkatan contohnya: STO (singkatan dari store) untuk menyimpan dan mov (singkatan dari move) untuk pindah. Bahasa yang tergolong kedalam bahasa ini adalah assembler dan fortran (formula translator)
  3. High level language, merupakan bahasa tingkat tinggi yang mempunyai cirri mudah dimengerti karena menggunakan bahasa sehari-hari, seperti BASIC, COBOL, PASCAL dan dBASE. Cobol sering digunakan dalam dunis bisnis dan komersial, sedangkan pascal didesain untuk mengajarkan pemograman. 
DAFTAR PUSTAKA
http://www.total.or.id/info.php?kk=software
http://www.artikelkomputer.net/2010/03/perangkat-lunak-software-komputer.html

FEBRI ENIS WICAKSONO
1010651086
TI B

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.