Minggu, 29 Januari 2012

Mengatasi sistem crash dengan Antifreeze


analisis crash secara detail. Apabila sebuah aplikasi tidak dapat bereaksi, aktifkan WhatIsHang. tools ini akan menganalisis, apakah masalahnya terletak pada interface, system, atau software. Apakah program hang dalam sebuah looping tanpa akhir, atau apakah software 32 bit yang tidak kompatibel dengan driver 64 bit. Program yang crash ditampilkan pada window atas. Dengan menekan tombol [F9], detailnya ditampilkan di bagian bawahnya. Pada bagian "Remarks", tampak kesalahan yang menyebabkan crash. Di bawah "String" serta "Modules Found in The Stack" tools menampilkan daftar perintah atau program library yang berkontribusi terjadinya crash. Dari laporan crash dapat diketahui, apakah programnya yang bekerja tidak benar. Apabila demikian, dibutuhkan installer baru atau update.
Selain itu pernakah anda merasa frustasi ketika komputer anda berada dalam kondisi hung dan task managernya juga tidak bisa anda akses? Beberapa hari yang lalu saya mengalaminya. Komputer saya tiba-tiba hung karena terlalu banyak membuka program dan program-program tersebut menghabiskan banyak resource CPU dan memori. Kursor mousenya masih bisa digerakkan tetapi saya tidak bisa membuka bahkan menutup program yang sedang terbuka. Berita buruknya, tak manager komputer saya juga tidak berfungsi. pada saat itu, tidak ada pilihan lain selain menekan tombol reset di komputer saya. Tentu saja dokumen yang saya kerjakan saat itu menjadi hilang karena saya belum sempat menyimpannya.

Bahkan kadang jurus pamungkas “Task Manager” ( Ctrl+Alt+Del ) pun tidak berdaya menghadapi kondisi semacam ini. Sehingga mungkin ujung-ujungnya kita hanya menekan tombol Reset.
Anda dapat mengetahui format file mana yang tidak boleh Anda buka dengan program tersebut.
Meskipun tombol reset bisa mengatasi, tetapi kadang bisa beresiko kehilangan data, ada fie yang rusak dan sebagainya. Setelah saya merestart komputer saya, saya mencari software yang bisa menjadi solusi ketika kejadian buruk tersebut terjadi lagi di kemudian hari. Dan akhirnya setelah mencari-cari, saya menemukan software yang bisa meloloskan komputer dari kondisi hung atau crash. Software ajaib ini adalah “AntiFreeze”!




Apa itu AntiFreeze ?

AntiFreeze adalah salah satu software terbaik yang bisa anda gunakan untuk membebaskan komputer anda dari kondisi hung. Software ini bisa menjadi senjata terakhir anda untuk mematikan program-program yang memakan resource CPU dan Memory komputer anda bahkan ketika Task Manager komputer anda tidak berfungsi. Saat komputer anda mengalami hung, AntiFreeze akan menonaktifkan program-program penyebab hung serta menyisakan program-program penting yang lainnya. Dengan AntiFreeze, anda tidak akan kelihangan lagi dokumen yang sedang anda kerjakan saat penyakit komputer hung menyerang.
Kapan anda menggunakan AntiFreeze ?

Saat komputer anda mengalami kondisi hung dan task manager (CTRL + ALT + DEL) tidak bisa anda akses, maka AntiFreeze akan menjadi senjata terakhir anda untuk membebaskan komputer anda dari kondisi hung. Cukup akses AntiFreeze melalui (ALT + CTRL + WIN + HOME) maka AntiFreeze akan menonaktifkan program yang menjadi sumber masalah dan pemakan resource. Kemudian emergency task manager akan muncul. Anda bisa mematikan program yang memakan resource komputer anda dan menyisakan program yang sedang anda gunakan untuk bekerja. Dengan cara ini, hasil pekerjaan anda tidak akan hilang walaupun hung menyerang komputer anda saat tengah bekerja.

Tujuan AntiFreeze ?
AntiFreeze bertujuan saat computer anda dalam keadaan beku atau terkunci (hung state). Dikarenakan program-program pada komputer Anda mengkongsumsi terlalu banyak kinerja processor atau terlalu banyak memori yang digunakan atau terlalu banyak program yang dijalankan, komputer Anda menjadi tidak merespon sama sekali.
Mouse dapat tetap digerakkan namun tidak ada program yang merespon, Anda tidak dapat berpindah pada program lainnya atau bahkan sama sekali tidak dapat menutupnya. Task Manager Windows pun tidak dapat Anda buka karena komputer benar-benar dalam keadaan yang beku. Namun Anda dapat menekan tombol hotkey untuk memanggil AntiFreeze.
AntiFreeze akan menempatkan program-program yang sedang berjalan ke dalam keadaan sleep, sehingga Anda berkesempatan untuk menutup program yang menyebabkan masalah tersebut. Anda juga memiliki kemungkinan untuk menyimpan atau mengembalikan (recover) pekerjaan Anda.
Sesuai dengan keterangan di atas, dengan menggunakan AntiFreeze Anda dapat mengembalikan komputer Anda dalam keadaan semula ketika komputer Anda dalam keadaan hung state. Walau begitu, program ini tidak dapat berjalan untuk mengembalikan komputer Anda jika terjadi hardware crash atau OS crash

Cara mendownload software Antifreeze ?



AntiFreeze mungkin memberikan alternatif terakhir untuk mengatasi kejadian seperti diatas. Kejadian seperti itu bisa disebabkan oleh penggunaan CPU yang berlebihan (hampir 100%) atau penggunaan Memory yang terlalu besar, sehingga kita sama sekali tidak bisa membuka, berpindah atau menutup aplikasi apapun.
Setelah software ini di install, maka untuk mengaktifkan, kita tinggal menggunakan kombinasi tombol keyboard Ctrl+Alt+Win+Home ( Memang kombinasi yang cukup banyak, sampai 4 tombol. Setelah itu AntiFreeze akan tampil fullscreen (satu layar penuh) dan hampir semua aplikasi lainnya akan di hentikan sementara (sleep) untuk menurunkan penggunaan CPU/Memory.

Ketika AntiFreeze tampil, kita tinggal mematikan process (End Process) aplikasi yang menggunakan CPU sangat besar ( indikasinya terlihat di kolom CPU Time) atau bisa juga penggunaan memory yang berlebihan (Mem Usage). Karena tampilannya menunya mirip Task Manager, seharusnya kita tidak akan kesulitan menggunakan software ini.
Keadaan-keadaan dimana AntiFreeze bisa digunakan, yaitu :
  • Ada satu atau lebih aplikasi yang berjalan sangat intensif, menggunakan hampir seluruh proses CPU, sehingga sistem tidak responsif.
  • ADa satu atau lebih aplikasi yang menggunakan Memory sangat besar (berlebihan) termasuk swaping file, sehingga membebani sistem.
  • Ada Aplikasi yang dijalankan dengan prioritas sangat tinggi, sehingga menggunakan semua proses CPU (processor)
  • Banyak program yang berjalan bersama-sama dan masing-masing ingin mendapatkan “perhatian/jatah” dari Processor.
Meskipun Demikian, terkadang AntiFreeze tidak berhasil atau tidak berjalan untuk kondisi-kondisi tertentu. Misalnya Komputer hang karena masalah hardware, seperti Memory(RAM) yang rusak, bad sector pada Hardisk dan sejenisnya (dan biasanya ditandai dengan Mouse Cursor yang tidak aktif /tidak bisa digerakkann ). Selain itu AntiFreeze juga mungkin tidak akan berhasil jika Aplikasi mempunyai prioritas yang lebih tinggi dari AntiFreeze.

Sekian posting dari saya
Trimakasih untuk semuanya, semoga tips ini bisa bermanfaat bagi teman- teman semua dan orang lain….

Referensi awal :

By :

 Nama : Subangkit wahyu T.L.
 NIM   : 1110651195
 Kelas  : TI/D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.