Rabu, 25 Januari 2012

sejarah apple macintosh


Nama                   : Dwi Wahyu Aprillianto
NIM           : 1110651157
Kelas          : TI B
Judul                   : Sejarah Apple Machintosh
Sumber      : http://bhieruu08.blogspot.com/2010/12/sejarah-apple-macintosh.html
Sejarah Apple Macintosh
Apple, Inc. (sebelumnyabernamaApple Computer, Inc.) adalahsebuahperusahaanSilicon Valleyberbasis di Cupertino, California, yang bergerakdalambidangteknologikomputer. Apple membantubermulanyarevolusikomputerpribadipadatahun1970-andenganproduknyaApple IIdanmemajukannyasejaktahun1980-anhinggasekarangdenganMacintosh. Apple terkenalakanperangkat-perangkatlunakdankerasnya, sepertiiMac, perangkatpemutarlaguiPod, dantokolagu online iTunes Store.
Pra-pendirian
Sebelummembantumendirikan Apple, Steve Wozniakadalahseoranghackerelektronik.Padatahun 1975, diabekerja di Hewlett-PackarddanmembantutemannyaSteve Jobsmendisainvideo gameuntukAtari.Padasaatitu, Wozniak telahmembelicomputer timepadabermacamjenisminicomputer yang di-hostoleh Call Computer, sebuahperusahaantimesharing.Terminal komputerpadasaatitumayoritasberbasiskertas; thermal printersepertiTexas Instruments Silent 700 adalah terminal yang paling maju. Wozniak melihatsebuahartikel di majalahbernamaPopular Electronicsedisi 1975 yang berisikanbagaimanacarauntukmembuatterminal komputersendiri. Menggunakanalat-alat yang dapatdibeli di toko, Wozniak merancangdanmembuatkomputerbernamaComputer Conversor, sebuatvideo teletype yang bisadipakaiuntukmengakses minicomputer di Call Computers.Designnyakemudiandibelioleh Call Computers, danbeberapaunitsterjual.
Padatahun 1975, Wozniak mulaimenghadiripertemuansebuahklubbernamaHomebrew Computer Club.Microcomputer baruseperti Altair 8800 dan IMSAI menginspirasinyauntukmemasangsebuahmikroprosesorpada video teletype-nyauntukmenjadikannyasebuah unit komputer yang lengkap.
Padasaatitu, CPU yang banyaktersediaadalah Intel 8080 seharga $US 179 danMotoroal 6800 seharga $US 170.Wozniak lebihtertarikpada Motorola 6800, tetapihargakeduanyaterlalumahal.Dia pun kemudiansadar, danhanyamendesignkomputer di ataskertas, menungguhari di manadiamampumembeli CPU.
KetikaMOS Technologymemproduksi chip 6502 padatahun1976denganharga $US 20, Wozniak membuatsebuahversiBASICuntuk chip tersebut, danmulaimendisainsebuahkomputeruntukmenjalankannya. Chip 6502 didesignolehpendesign chip 6800, karenabanyakpekerjameninggalkanperusahaan di Silicon Valleydanmembuatperusahaansendiri.
Wozniakemudianberhasilmembuatkomputertersebutdanmembawanyakepertemuan-pertemuan Homebrew Computer Club untukdipamerkan.Padasatupertemuan, Wozniak bertemutemanlamanya, Steve Jobs, yang tertarikakanpotensikomersialisasikomputer-komputerkecil.
Tahun-tahunpertama
Steve Jobs dan Steve Wozniak sudahbertemansejak lama.Bertemupertama kali padatahun1971ketikaseorangtemanmemperkenalkan Wozniak yang saatituberumur 21 tahun, kepada Jobs yang saatitubaruberumur 16 tahun.Jobs berhasilmembujuk Wozniak untukmembuatkomputerdanmenjualnya.Jobs mendekatisebuattokokomputerlokal, The Byte Shop, yang katanyatertarikuntukmembelikomputer, tapihanyaapabilakomputertersebutsudahterpaketlengkap.Pemiliktokotersebut, Paul Terrell, mengatakaniasiapmembeli 50 unit seharga $US 500 satunya.
Komputerbuatan Wozniak hanyamemilikibeberapakelebihan. Salah satunyaadalahmenggunakan TV sebagai monitor, di manasaatitubanyakkomputertidakmemiliki monitor samasekali. Monitor inibukanlahseperti monitor modern, danhanyamenampilkanteksdengankecepatan 60 karakter per detik. KomputerinibernamaApple IdanmemilikikodebootstrappadaROM-nya yang membuatnyalebihmudahuntukdihidupkan. Akhirnya, denganpaksaan Paul Terrell, Wozniak jugamendisainsebuahmekanismekasetuntukmembukadanmenyimpan program dengankecepatan 1,200 bits/detik, sebuahkecepatan yang cukuptinggipadasaatitu.Walaupunkomputertersebutcukupsederhana, disainnyaadalahsebuahmasterpiece, menggunakanjumlahkomponen yang jauhlebihsedikitdengankomputer-komputersejenisnya, danberhasilmemberireputasikepada Wozniak sebagaiseorangmaster designerdengancepat.
Dibantuolehsatu orang lagiteman, Ronald Wayne, bertigamerekamulaimemproduksikomputertersebut.Denganmenggunakanberbagaicara, termasukmeminjamruangandaritemandankeluarga, menjualbermacamhartaperibadi (sepertikalkulatordansebuah VW Combi), memulung, sedikitmenipu, Jobs berhasilmendapatkankomponen-komponen yang dibutuhkanuntukproduksisementara Wozniak dan Wayne membuatkomputer-komputertersebut. SelesaidandikirimpadabulanJuni, merekadibayarsesuaijanjioleh Paul Terrell.Padaakhirnya, 200 unit Apple I diproduksi.
Tapi Wozniak sudahlebihmajudaripada Apple I. Banyakelemen design Apple I dibuatkarenaketerbatasandana yang dimilikiolehmerekauntukmembuatsebuah prototype. Tapidenganpendapatandaripenjualan Apple I, diabisamemulaiproduksikomputer yang lebihcanggih, Apple II; Apple II diperkenalkankepadapublikpadaWest Coast Computer Fairepadabulan April 1977.
Perbedaanutamadengan Apple I adalahtampilan TV yang didesign total, di manatampilandisimpan di memori.Dengancaraini, monitornyatidakhanyabisamenampilkanteks, namun Apple II bisamenampilkangambar, danpadaakhirnya, warna. Padasaat yang sama, Jobs menekankan design casing dan keyboard yang lebihbaik, denganpemikiranbahwakomputertersebutharuslengkapdansiaplangsungdinyalakan. Apple I hampirbisasepertiitu, namunpenggunamasihharusmemasangberbagaimacamkomponendanmenuliskodeuntukmenjalankan BASIC.
Membuatkomputersepertiituakanmemakanbanyakbiaya. Jobs mulaimencariuangtunai, namun Wayne sedikitragukarenaiapernahmengalamikegagalanperusahaanempattahunsebelumnya, danakhirnyakeluardariperusahaan. Jobs akhirnyabertemudengan Mike Markkula yang menjaminpinjaman bank sebanyak $US 250.000, danmerekabertigamembentukperusahaan Apple Computer pada1 April1976.
Dengandanadan design casing yang baru, Apple II dilepaspadatahun1977danmenjadikomputer yang biasanyadiasosiasikandenganmunculnyapasarPC. Jutaan unit terjualsampaitahun1980an.Ketika Apple go publicpadatahun1980, merekamenghasilkandanaterbanyaksejak Ford go public padatahun1956.
Berbagaijenis model Apple II diproduksi, termasuk Apple IIedan Apple IIgs.
Macintosh
Proyek Lisa dilepasdarikendali Steve Jobs saatmasihseparuhjadi.Steve Jobs kemudianmengalihkanperhatiannyakepadaproyek Macintosh, yang padaawalnyadianggapsebagaisejenis Lisa yang lebihmurah.Apple Macintoshdiluncurkanpadatahun1984denganiklantelevisiberjudul1984 yang didasarkandari novel karyaGeorge Orwell yang jugadiberinama1984, denganpernyataan, "On January 24, Apple Computer will introduce Macintosh. And you'll see why 1984 won't be like '1984'" — maksuddari kata-kata tersebutadalah Macintosh yang baruakanmembebaskankomputerdaninformasidarikekanganperusahaanbesardantechnocrats. Apple jugamembuahkankonseppewarta Apple(Apple evangelist) yang dipeloporiolehkaryawan Apple bernamaGuy Kawasaki.
Walaupunadakekhawatiranmengenaikurangnyapirantilunak yang tersedia, layarhitamputihdanarkitekturnya yang terutup, merek Macintosh padaakhirnyamenjadiproduk yang berhasilbagi Apple bahkansampaihariini.Banyak yang merasabahwakesuksesanituseharusnyajauhlebihbesardarikenyataannya.KetikaBill Gates, pendiridansekarangpemimpinMicrosoft, mengunjungikantorbesar Apple di Cupertino, Steve Jobs menunjukkansebuahprototipedariantarmukapenggunagrafisuntuk Macintosh. Padatahun1985 Microsoft meluncurkanWindows, antarmukapenggunagrafisbuatanmerekasendiriuntukkomputer IBM.Padasaatitusistemkomputer IBM sudah di-reverse engineereddanbanyakperusahaanjugamembuatkomputer yang kompatibeldengan IBM. Walaupun Apple memberilisensiuntukbeberapaproduklainnya, merekatidakpernahmemberikanijinperusahaan lain untukmembuatkomputer yang kompatibeldengan Macintosh sehingga Microsoft bisamendominasipangsapasar yang ada. Padasaatitu, Apple sadarbahwamerekasudahterlambatuntukmerebutkembalikekuasaanpasar yang pernahmerekamiliki.Komputer Macintosh kompatibel yang dijual di tahun 1990an pun hanyameraihkesuksesan yang kecil.WalaupunWindowsversipertamasangatketinggalanjamandibanding Macintosh, Pirantilunaktersebutdankomputer yang kompatibeldengan Windows bisadibelidenganharga yang jauhlebihmurahdibandingsebuah Macintosh. Ditambahlagi, perbaikan yang dilakukan Microsoft secaracepatmengejarketinggalanmereka.Sekaligusjugakarenaketerbukaan yang dimilikiolehkomputer yang kompatibeldengan IBM menyebabkanlebihbanyakpirantilunaktersediauntuk Windows dibanding Macintosh.
Microsoft dan Windows dikemudianhariakanmenjadiceritasukses yang paling fenomenal di abadkeduapuluhdan Apple tidakakanmeraihkembaligelarnyasebagaipembuatkomputerpribadinomorsatu di dunia.


Apple I(1976)

CPU: MOS6502Teknologi
Kecepatan CPU: 1MHz
FPU: tidak ada
BusKecepatan: 1MHz
DataJalurLebar: 8 bit
AlamatLebar: 8 bit
OnboardRAM: 8MB
MaksimumRAM: 32MB

Video
VRAM: 1kB
Resolusi Maks: 60,05Hz, 40x24arang

bermacam-macam
Keluarga:Pra-Macintosh
Codename:?
Daya: 58Watt
Diperkenalkan: April 1976
Dihentikan: 1977


Video:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.